Ekspos Festival danau Sentarum 2018 di Kementerian Pariwisata RI

Bupati Kapuas Hulu AM Nasir diundang ke Jakarta untuk memberi paparan tentang rencana kegiatan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) sekaligus peluncuran (FDSBK) di gedung sapta pesona jakarta kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Senin, 13/8/18.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) tahun 2018 siap digelar.

tujuan dari pelaksanaan FDSBK tersebut diantaranya, “mempromosikan Kabupaten Kapuas Hulu sebagai destinasi wisata serta memperkuat daya tarik wisata untuk berkunjung ke Kapuas Hulu”.

“Kemudian meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara melalui pemanfaatan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau,” ucapnya.

Bupati menegaskan FDSBK juga sebagai upaya pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sebagai destinasi wisata.

“Tujuan lainnya juga meningkatkan kesadaran pariwisata bagi masyarakat Kapuas Hulu, serta terbangunnya sarana dan prasarana wisata di Kabupaten Kapuas Hulu,” paparnya.

Lebih lanjut Bupati Kapuas Hulu menjelaskan, FDSBK pertama digelar tahun 2012 lalu, kemudian kembali dilaksanakan pada tahun 2017.

“Yang dilaksanakan dengan format baru, yaitu menggabungkan berbagai pihak dalam  kegiatan festival tersebut. Kolaborasi ini ternyata berhasil menjadikan FDSBK masuk menjadi satu dari 100 wonderful event Indonesia,” ungkapnya.

Bupati berharap, FDSBK nanti harus dilaksanakan dengan format yang lebih baik, sebagai upaya meningkatkan level ke taraf internasional.

“Melalui festival ini juga dapat mengangkat seni budaya, serta menjadi peluang perekonomian masyarakat, namun tetap menjaga ekosistem alamnya,” ucap Bupati.

Dalam peluncuran FDSBK di Jakarta, Bupati A.M Nasir didampingi Sekda Kapuas Hulu H. Muhammad Sukri, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu Antonius, dan Kepala Balai Besar Taman Nasional Danau Sentarum Betung Kerihun Arief Mahmud.